You are here: Home » Bisnis » Tips Memulai Membuka Usaha Kecil Kecilan di Rumah

Tips Memulai Membuka Usaha Kecil Kecilan di Rumah

Sebagian besar, kita selalu dihadapkan dengan berbagai kebingungan ketika akan memulai membuka usaha di rumah. Banyak saja alasan yang muncul, mulai dari masalah klasik yaitu tidak punya modal,  tidak punya tempat yang strategis, tidak punya keahlian dan lain sebagainya. Intinya, semua alasan tersebut membuat kita selalu terkungkung tak ada nyali untuk memulai berusaha.  Anda boleh manggut-manggut, karena saya juga keadaanya persis seperti itu, tidak berani bertindak untuk memulai atau action, sementara otak kelelahan karena sudah penuh berisi tumpukan impian yang tidak lekas terwujud.

usaha sampingan

Namun, Saya mau sedikit sharing tentang bagaimana cara memulai membuka usaha kecil-kecilan di rumah, agar bisa menginspirasi Anda untuk memulai melakukan action mempraktekan berbagai peluang usaha sampingan di rumah dengan modal kecil. Untuk memulai membuka usaha di rumah, hal yang penting kita perhatikan dan bisa dijadikan inspirasi usaha adalah:

1.      Hobi atau kegemaran kita.

2.      Kebutuhan kita atau orang lain

3.      Skill atau keahlian yang dimilki

Hobi bisa dijadikan inspirasi dalam berbisnis.  Mengikuti hobi, biasanya hanya menghabiskan duit, sekarang bagaimana agar hobi tersebut tersalurkan, namun bisa menghasilkan uang, bukan sekedar membuang uang. Contohnya, jika Anda suka membaca koran atau majalah atau buku, kenapa Anda tidak berjualan koran atau majalah di lingkungan anda atau menjual buku secara online?  Kalau Anda suka DVD movie, bagaimana disamping anda suka nonton film-film tersebut, membuat reviewnya di blog dan menjual dvd-dvd original terbaru. Kalau Anda suka menulis seperti aaya, kenapa Anda tidak salurkan saja bakat Anda dengan membuat blog lalu memonitisasinya dengan memasang iklan ?  Intinya, jadikanlah kegemaran Anda, sesuatu yang bisa mendongkrak penghasilan Anda.

Begitu juga dengan kebutuhan. Kebutuhan tiap orang atau kita sendiri, juga bisa dijadikan inspirasi dalam mencari peluang usaha. Lihatlah sekeliling kita, bahkan kita sendiri tiap hari membutuhkan  pulsa telepon/listrik,  butuh beras, butuh gas, butuh air minum, obat herbal, pakaian dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. Bukankah semua itu bisa dijadikan inspirasi untuk memulai usaha ? Mungkin Anda berpikir : “wah banyak pesaingnya” atau “keuntungannya sedikit”. Tinggalkanlah alasan yang sudah kuno seperti itu, mulai aja belum, masa sudah ada pikiran negatif seperti itu ?

Faktor keahlian juga merupakan inspirasi atau ide termaknyus untuk dijadikan usaha sampingan Anda. Mengapa ? Karena tiap orang dianugerahi kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda. Ini adalah fitrah manusia dan sengaja Tuhan berikan untuk saling mengisi di antara kita. Lihat di sekitar kita, ada teman kita yang dominan suka membongkar motor sehingga dia bisa buka bengkel sendiri, ada saudara kita yang ahli menggambar/mendesain  sehingga dia bisa menang ikut kontes desain di  Logo My Way.  Ada juga yang ahli bahasa Inggris sehingga dia dapat proyek menjadi penterjemah. Sekarang kita dominan skillnya ke mana ? Nah, disitulah letak kemampuan kita yang perlu kita gali dan kita asah.

Satu hal lagi yang perlu dicamkan oleh masing-masing individu adalah jadilah sebagai diri kita sendiri yang unik. Jangan ikut-ikutan arus, ada orang lain maju di bisnis Amazon, pingin maen Amazon, ada temen sukses maen Adsense, ikut maen Adsense, sementara Amazonnya masih nihil, ada saudara kita sukses di Clickbank, ikut nimbrung di sana, Nyoba2 main Klik Saya, dimana akhirnya ga fokus dan biasanya timbul stress. So, saran saya pilih satu saja usaha sampingan yang dominan dengan kita misalnya ikutan yang mudah dulu kaya PPC Lokal Kliksaya atau bisa juga bisnis herbal, kalau sudah besar, baru bisa nyoba yang lainnya. Jadi Fokus pada satu pilihan akan lebih cepat berhasil daripada coba-coba semua

13 Comments

  1. yang terpenting adalah, apakah kita mau memulainya, atau hanya ingin mengetahuinya saja. Tanpa memulainya usaha tidak akan pernah berjalan.

  2. Pengeen bgt punya usaha sendiri,pengennya kripik, mug atau tas cewek tp g punya modal tuh…gmnan y..

    • Pengen tu juga termasuk modal, tinggal seberapa kuatnya tu pengen. Kalo kuat dan terarah pasti ada jalan. Dalam memulai usaha uang bukanlah yang utama tetapi pasar lebih utama. Maksudnya jika mama sudah punya pasar suatu produk buatan mama pasti modal uang mudah didapat bahkan modal akan mengejar mama.

  3. terima kasih . untuk memulai usaha yang besar di awali usaha yang kecil dulu ….

  4. yg penting sesuai dengan hobby dan kesenengan bisa juga mjenghasilkan ya gan … asyik artinya artikel.co thanks

    • Yups betul, dengan begitu kita tidak pernah bosan dan keberatan dalam menjalankan bisnis. Terima kasih juga telah mampir

  5. yg mau berbagi ilmu buka usaha kita bikin komunitas gmn enak nya?

    • Usulan yang bagus mas, klo menurute mas Aditya gimana n seperti apa

  6. Nice tips,,,,bkin semangat mo mulai

  7. Kalau sudah mulai usaha kecil kadang kita hanya berada di level yang sama saja, gimana ya supaya usaha kecil kita bisa membesar (scaling-up)?

    • Melakukan Usaha kecil kecilan adalah langkah awal untuk menuju sukses/besar. Karena Usaha yang besar pasti berawal dari kecil. Pada prinsipnya bagaimana usaha kita yg menghasilkan produk barang/jasa adalah berbeda dengan yg sudah ada baik dari segi unik, canggih, manfaatnya dan nilai lebih dari yg lainnya. Prinsip ini bisa berlaku untuk semua produk barang dan jasa yang kita hasilkan.

      Kalo dasar usaha cuman ikut ikutan tanpa inovasi dan pertimbangan yang matang akan sulit untuk maju dan berkembang.

      Tapi semua itu dapat dipahami dan dilakukan oleh mereka yang berani mencoba dan pantang menyerah jika terjadi kegagalan, karena kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda yg didalamnya terdapat pelajaran penting menuju sukses.

      Met mencoba dan sukses

  8. Hallo bung Cahyo salam kenal, sudah lebih dari 5 tahun saya menjalankan usaha jasa seo yang awalnya dijalankan sebagai pekerjaan sambilan. Alhamdulilah, sekarang saya bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan untuk menghidupi keluarga tanpa harus pergi meninggalkan rumah. Senang sekali seandainya bung Cahyo dapat menjadi mitra saya sebagai content writer dengan sistem bagi hasil

    • Terima kasih atas tawarannya, klo boleh tau bagaimana itu sistem kerjanya n bagi hasilnya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *