You are here: Home » Bisnis » Beberapa Contoh Usaha Kecil yang Menguntungkan

Beberapa Contoh Usaha Kecil yang Menguntungkan

Beberapa Contoh Bisnis Kecil yang Menguntungkan – Program usaha kecil menjadi salah satu harapan yang dapat membantu mengurangi permasalahan kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Berbagai usaha kecil yang menguntungkan bagi masyarakat hendaknya semakin ditingkatkan untuk menuju Indonesia lebih sejahtera lagi.

Keinginan untuk membangun sebuah usaha kecil kadang kala terkendala. Hal ini diakibatkan sulitnya menentukan contoh usaha kecil yang menguntungkan. Bahkan, faktor kekurangan dana merupakan salah satu kendala yang paling tersulit yang harus dihadapi masyarakat untuk memulai usaha kecil-kecilan yang dapat menopang ekonomi kearah yang lebih baik lagi.

Mungkin ada sebagian diantara teman-teman yang sedang mencari refrensi mengenai berbagai hal yang terkait dengan contoh usaha kecil, seperti misalnya contoh home industri, contoh usaha kecil kecilan, contoh usaha dengan modal kecil, contoh UKM (usaha kecil menengah) dan contoh usaha kecil sukses. Namun karena keterbatasan informasi yang membahas tentang contoh usaha tersebut mengakibatkan keinginan kamu untuk membuka usaha akhirnya gagal.

Tulisan ini akan mencoba sedikit memberikan informasi mengenai contoh usaha kecil yang menguntungkan bagi teman-teman semuanya. Adapun contoh usaha kecil2n yang menguntungkan tersebut bisa kamu baca selengkapnya dalam daftar dibawah berikut ini:

Usaha Kecil Makanan dan Minuman

          Membuat makanan ringan atau snack dan kue

          Mengolah jantung pisang menjadi dendeng

          Membuat daging tiruan dari jamur tiram

          Mengolah makanan berkhasiat obat, misalnya keripik pace

          Membuat cake untuk pernikahan

          Mengolah cake untuk penderita diabetes

          Membuat aneka kue tradisional ( mis ; Membuat kue talas Bogor )

          Membuat kue ulang tahun atau pernikahan

          Membuat donat dari kentang atau ketela

          Membuat nasi pepes dan atau nasi bakar

          Mengolah buah-buahan menjadi emping

          Membuat keripik jamur

–     Membuat kripik singkong pedas

          Mengolah bawang goreng instan

–       Membuat Kue Quiche atau Kue Pie

          Menjual mie mangkok

          Siomay kriuk

          Martabak / Terang bulan

–       Martabak Unyil

          Bebek kremes

          Ayam kremes

–       Ayam Goreng Tepung

          Bubur Kwang Tung

          Tempe penyet

–       Warung Gado-gado

          Es  tebu

          Teh bunga rosella

          Sirup limbah air kelapa

          Susu jagung

          Susu kedelai

–     Susu sapi murni

          Susu kuda liar

          Susu kambing etawa

          Air minum beroksigen

–     Air minum Isi ulang

          Jus buah segar pesan antar

          Selai buah

          Es Kacang Merah

          Es ketan hitam

          Es kelapa muda

–     Es bubur kacang hijau

Kursus dan Pendidikan

          Sekolah enterpreneurship

          Kursus bahasa asing

          Bimbingan belajar rumahan

          Sekolah pasien pasca stroke

          Play Group

          Kursus musik

          Sekolah tari

          Kursus desain grafis

          Kursus servis telepun seluler dan computer

Usaha Rental

–     Penyewaan Sound System

          Pengurusan dokumen

          Delivery order

          Penyelamat data

          Konsultan

          Kurir

          Pengetikan

          Pencucian mobil dan motor

Agribisnis

          Budidaya ikan mas bocah

          Budidaya ikan komet

          Budidaya kantong semar

          Budidaya anthurium

          Budidaya jeruk nambangan

          Penangkaran bekisar

          Penangkaran rusa

          Penangkaran buaya

          Budidaya bunga krisan

          Budidaya bunga melati

          Budidaya jamur lingzhi

          Budidaya jamur merang

          Budidaya kencur

          Budidaya buah Tin

          Budidaya belimbing dewi

          Budidaya kambing Etawa

          Budidaya itik laut

          Budidaya kelinci hias

–     Budidaya Lebah Madu

          Budidaya anjing Golden Retriever

          Penetasan telur ayam, bebek dan itik

Kerajinan

          Membuat kap lampu dari pasir, mika, enceng gondok, pelepah pisang, dan kayu

          Membuat perkakas rumah tangga dari kertas bekas

          Membuat mainan dari kayu, misalnya puzzle

          Membuat souvenir berbahan baku resin

          Membuat souvenir dari daun kering

          Membuat souvenir dari serangga

          Membuat souvenir dari limbah kepompong ulat sutera

          Membuat kerajinan dari bubur limbah kertas

          Membuat kerajinan dari pelepah pisang kering

          Membuat lanskap mini

          Membuat tas dari limbah aluminium

          Membuat batik dari serat alam

          Membuat mukenah yang dilukis batik

          Membuat album eksklusif

          Membuat deco book

–       Membuat boneka unik

          Membuat boneka berambut hidup

          Membuat boneka muslimah

          Membuat boneka yang bisa melahirkan

–     Membuat Sandal unik

 Usaha/bisnis dengan dasar Hobby

Hobby juga dapat diolah lanjut menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan dengan modal sedikit. Bisnis dengan dasar hobby akan terasa ringan dan mudah karena pelakunya akan selalu senang dalam kondisi apapun.

Misalnya anda hobby koleksi tas wanita, tidak ada salahnya untuk dikembangkan menjadi usaha/bisnis sampingan yg bisa dilakukan secara offline maupun online.

Jika mengawali usaha tas dengan sedikit modal atau bahkan tanpa modal uang tunai bisa dilakukan dengan sistem dropship yang cara kerjanya sangat sederhana yaitu memasarkan tas dengan media gambar, setelah ada yang mau beli barulah anda oder kepada penjual barang sesuai dengan gambar yg anda pasarkan.

Untuk bisnis Tas Wanita anda bisa bekerja sama dengan Produsen Tas Wanita Tanggulangin yaitu SimpleTas.Com

Itulah Beberapa Contoh Usaha Kecil yang Menguntungkan yang dapat menginspirasi anda untuk membuat usaha kecil yang tentunya dapat mendongkrak ekonomi keluarga kearah yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

22 Comments

  1. wah asik juga nih memulai bisnis dari yang ringan-ringan dulu, heheh..

  2. Bagaimanapun sektor industri kecil di Indonesia memang masih sangat besar peluangnya, semoga pemerintah kita dapat memberikan dukungan yang lebih berarti bagi kalangan UKM

    • Betul mbak, tanpa dukungan mereka perkembangan UKM kita akan lambat dan kurang bisa bersaing. Trims..

  3. pengin usaha deh buat cari penghasilan tambahan, bosan jadi pegawai

  4. Aku jg minat ahh ikut usaha kecil*an ini….gmn ya caranya??

    • Waah syukurlah klo ada minat, karena minat adalah modal utama. Minatnya usaha apa mbak Nur?

  5. enak banget bisnis kuliner? Mantap!!!!!

  6. Di jaman sekarang ini banyak kok usaha kecil yang mampu membuahkan hasil yang lumayan, tapi jangan lupa, semua usaha yang anda lakukan tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan kalo anda tidak memberikan pupuk “Kesungguhan” dalam bisnis anda.

  7. Banyak bisnis besar yang dihasilkan dari awal mula hanya bisnis kecil, yang penting yakin, konsisten dan fokus. Nice artikel. Thanks for share.

    • Konsisten dan fokus dalam menjalankan usaha/bisnis memang kunci menuju kesuksesan, trimakasih juga atas tambahan pengalaman bisnisnya

  8. Saya berencana untuk membuat usaha kuliner sate jamur tiram di Pekanbaru (RIAU). disini belum ada yang buat usaha kuliner seperti ini. Menurut analisa saya, ini peluang besar jika berhasil. Kendala saya di modal, yang berminat kerjasama dan bertanya tentang rencana usaha ini, silahkan hubungi saya via email di desdillaharganda@gmail.com . Saya tunggu.. :)

    • Semoga usaha kuliner sate jamur tiram segera terealisasi dan sukses yaa

      • Saya tidak punya pengalaman dan keahlian khusus dan tidak ada modal. Apa yang bisa kulakukan ?

        • Belajar dan mencari pengalaman dengan langkah awal ikut sama orang yang sudah jalan dan sukses dalam usahanya atau dengan cara bergaul dengan pengusaha yang sudah berpengalaman.

  9. om deindra mau nanya nih, kira-kira bisnis apa yang cocok dengan deindra dimasa remaja ini, saya sendiri memiliki modal yang terbilang sangat kecil, saya hanya bermodal komputer dirumah, dan juga memiliki keuangan yang terbilang sangat sedikit juga,, saya sendiri bingung bisnis yang paling tepat buat saya apa, kira-kira ada saran dan masukan ga buat deindra??
    minta masukannya yah om..

    Makasih ^_^ :)

    • modal komputer dan bida internetan sudah cukup untuk memulai usaha jualan online. sekarang banyak marketplace yang bisa digunakan untuk buka toko online gratis seperti, tokopedia dan bukalapak. mengenai apa yang dijual saya saran kan untuk memilih barang yang Deindra suka, jadi usahanya didasari dengan HOBBY. dan kalau bisa spesifik/spesialis saja jangan campur campur biar bisa fokus dan akan lebih cepat berkembang. Moga dapat jadi inspirasi… Trims

  10. sebegai saran aja nih bang, beserta gambarnya dong ^^

    • Terima kasih atas saran yang diberikan. Akan kami pertimbangkan untuk kedepannya.

  11. Saya berpikir u lebih kepada usaha jasa seperti rental soud sistem…dan rental lainnya…

    • Usaha bidang jasa memang lebih menguntungkan akan tetapi pelayanan harus super supaya bisa dikenang pelanggan.

  12. assalamu’alaikum..
    mohon pencerahan pak.. saya punya komputer dan printer dirumah.. lokasi rumah tepat dipinggir jalan.. rencananya saya mau buka rental pengetikan dan cetak foto.. tapi saya masih belum yakin dan mash bingung harus dimulai dari mana.. mohon pencerahan buat saya.. :)
    dan selain itu saya msh aktiv bekerja pagi sampai sore.
    apakah saya harus buka kios kecil untuk usaha saya?

    terima kasih, salam
    ya2nreni4ever@gmail.com

    • Kalo memang masih bersifat usaha sampingan bisa langsung dimulai dengan pasang plakat/banner di depan rumah yang isinya tentang usaha anda semenarik mungkin. Jangan lupa kasih keterangan jam buka. Isi bannner dengan apa yang bisa sobat layani sendirisaat ini, misalnya cetak foto masih ada kesulitan jangan dipaksakan untuk ditawarkan, jadi yang benar2 bisa dilakukan saja, biar ga mengecewakan pelanggan.

      Kalo memang bisanya sore ya kasih keterangan misalnya

      Terima pengetikan, cetak foto dan ngeprint
      buka setiap hari jam 16.00-22.00.

      Sementara dikerjakan sendiri saja sampai pada saatnya sudah banyak pelanggan baru tambah pegawai dan jam kerjanya.

      Itu sekedar pendapat, secara teknis lapangan silahkan disesuaikan sendiri. Intinya jangan takut berkreasi dan segeralah untuk memulai, sambil jalan sambil disempunakan sampai ketemu perform terbaik dalam menjalani usaha bidang jasa yang Sobat Yayan jalani.

      Semoga membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>