48 Comments

  1. Di jaman sekarang ini banyak kok usaha kecil yang mampu membuahkan hasil yang lumayan, tapi jangan lupa, semua usaha yang anda lakukan tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan kalo anda tidak memberikan pupuk “Kesungguhan” dalam bisnis anda.

    • Bung Cahyo

      Konsisten dan fokus dalam menjalankan usaha/bisnis memang kunci menuju kesuksesan, trimakasih juga atas tambahan pengalaman bisnisnya

  2. ganda

    Saya berencana untuk membuat usaha kuliner sate jamur tiram di Pekanbaru (RIAU). disini belum ada yang buat usaha kuliner seperti ini. Menurut analisa saya, ini peluang besar jika berhasil. Kendala saya di modal, yang berminat kerjasama dan bertanya tentang rencana usaha ini, silahkan hubungi saya via email di desdillaharganda@gmail.com . Saya tunggu.. 🙂

  3. om deindra mau nanya nih, kira-kira bisnis apa yang cocok dengan deindra dimasa remaja ini, saya sendiri memiliki modal yang terbilang sangat kecil, saya hanya bermodal komputer dirumah, dan juga memiliki keuangan yang terbilang sangat sedikit juga,, saya sendiri bingung bisnis yang paling tepat buat saya apa, kira-kira ada saran dan masukan ga buat deindra??
    minta masukannya yah om..

    Makasih ^_^ 🙂

    • Bung Cahyo

      modal komputer dan bisa internetan sudah cukup untuk memulai usaha jualan online. sekarang banyak marketplace yang bisa digunakan untuk buka toko online gratis seperti, tokopedia dan bukalapak. mengenai apa yang dijual saya saran kan untuk memilih barang yang Deindra suka, jadi usahanya didasari dengan HOBBY. dan kalau bisa spesifik/spesialis saja jangan campur campur biar bisa fokus dan akan lebih cepat berkembang. Moga dapat jadi inspirasi… Trims

    • Bung Cahyo

      Usaha bidang jasa memang lebih menguntungkan akan tetapi pelayanan harus super supaya bisa dikenang pelanggan.

  4. M. Yayan F

    assalamu’alaikum..
    mohon pencerahan pak.. saya punya komputer dan printer dirumah.. lokasi rumah tepat dipinggir jalan.. rencananya saya mau buka rental pengetikan dan cetak foto.. tapi saya masih belum yakin dan mash bingung harus dimulai dari mana.. mohon pencerahan buat saya.. 🙂
    dan selain itu saya msh aktiv bekerja pagi sampai sore.
    apakah saya harus buka kios kecil untuk usaha saya?

    terima kasih, salam
    ya2nreni4ever@gmail.com

    • Bung Cahyo

      Kalo memang masih bersifat usaha sampingan bisa langsung dimulai dengan pasang plakat/banner di depan rumah yang isinya tentang usaha anda semenarik mungkin. Jangan lupa kasih keterangan jam buka. Isi bannner dengan apa yang bisa sobat layani sendirisaat ini, misalnya cetak foto masih ada kesulitan jangan dipaksakan untuk ditawarkan, jadi yang benar2 bisa dilakukan saja, biar ga mengecewakan pelanggan.

      Kalo memang bisanya sore ya kasih keterangan misalnya

      Terima pengetikan, cetak foto dan ngeprint
      buka setiap hari jam 16.00-22.00.

      Sementara dikerjakan sendiri saja sampai pada saatnya sudah banyak pelanggan baru tambah pegawai dan jam kerjanya.

      Itu sekedar pendapat, secara teknis lapangan silahkan disesuaikan sendiri. Intinya jangan takut berkreasi dan segeralah untuk memulai, sambil jalan sambil disempunakan sampai ketemu perform terbaik dalam menjalani usaha bidang jasa yang Sobat Yayan jalani.

      Semoga membantu

  5. Wah,hebat Pak Cahyo,banyak sekali contoh usaha yang bisa dilakukan untuk wirausaha pemula yang masih bingung mau usaha di bidang apa.Nice article pak! 🙂
    Wirausaha Kecil Menengah semua tipsnya memang sangat cocok bagi yang baru mulai menapaki dunia bisnis.

    • Bung Cahyo

      kalo bisnis orientasi pada untung yg besar akan ga ketemu.
      Jadikan untung itu adalah suatu yg otomatis. Jika kita melakukan usaha/bisnis dengan baik otomatis untung akan datang dengan sendirinya.

      Bisnis yg bisa dilakukan ada baiknya yg tidak banyak makan waktu dan pikiran sehingga tetap bisa melanjutkan sekolah.

      Misalnya, Jualan pulsa, jasa pengetikan, fotocopy kecil2lan dll.

      Moga membantu

  6. Informasinya cukup memberikan inspirasi, tapi kita sebagai pemula jangan merasa kecil hati, karena semua berawal dari kecil, tetapi jika kita selalu tekun, sabar, yakin dan tentunya mau belajar, maka Insha Allah kelak usaha yang kecil pun akan menjadi besar dan tentunya bisa memberikan untung yang cukup.

    • Bung Cahyo

      Benar sekali semua yang besar awalnya dari kecil. Karena besar bisnisnya hanya dapat dilakukan oleh orang yg sudah pernah mengalami/merasakan pahit n manisnya perjalanan bisnis.

  7. Fahri Ramadhan

    assallamuallaikum
    pak membuka usaha tetapi saya tidak memiliki lahan SAHAM , saya juga baru buka usaha , bagaimana cara untuk mengatasi keuangannya apa saya bagi rata apa gmn pak saya butuh solusi

    • Bung Cahyo

      Waalaikumsalam

      Menurut pengalaman saya dalam hal bagi hasil tidak selalu 50/50, besaran prosentase tergantung dari teknis pelaksanaan bisnis yang di sepakati, misalnya jika dalam bisnisnya hanya berjualan saja tanpa produksi akan beda bagi hasilnya dengan bisnis yg juga memproduksi barang yg dijual.

      Semoga membantu

  8. Dawud Denny Widiyanto

    Permisi Pak, kesibukan saya bekerja juga disambil kuliah nih Pak Cahyo, kira2 bisnis apa yg sekiranya tdk menghabiskan banyak waktu serta bisa dilakukan setiap weekend? Tolong saran dan motivasinya dong. Thanks 🙂

    • Bung Cahyo

      Klo boleh tanya hobbynya apa, atau bisanya apa. karena apapun yang kita jadikan ladang usaha akan lebih ampuh jika atas dasar hobby ataupun apa yg di kuasainya..

      trims juga ya

  9. Wah, kalo pemesanan dan pembayaran melalui online pasti lebih menguntungkan, karna tidak ada batasan wilayahnya ^^
    terima kasih mas atas infonya ^^

  10. Makanan berbahan dasar mie seolah telah menjadi makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Karenanya bisnis kuliner berbahan dasar mie tidak pernah sepi pelanggan. Terlebih, penggemar mie tak mengenal golongan dan usia. Tua muda, golongan atas dan penghasilan pas-pasan menyukai mie.
    Bila ingin memiliki usaha sendiri di bidang kuliner dengan modal yang relatif kecil, menjadi pengusaha mie ayam gerobakan adalah solusinya.Usaha mie ayam merupakan salah satu lini bidang kuliner yang menghasilkan pundi Rupiah cukup deras. Dengan modal kecil dan tidak perlu keahlian khusus semua orang bisa memulai usaha ini. Bahan baku pembuatnya mudah diperoleh dan terjangkau.

  11. paling bagus kalau yang harganya murah dan dibutuhkan banyak orang, apalagi kalau dibantu dengan pemasaran via online, tentu pelanggannya akan jauh lebih banyak dibanding kalau dipasarkan offline saja

  12. asrul

    ohm..saya mau nanyak,bisnis apa yang usahanya lancar di pekanbaru.?saya pernah jadi sales..jadi saya hobinya keliling sambil jualan..jualan apa yg cocok untuk dibawa keliling..tks

    • Bung Cahyo

      Kalo punya dasar bisa jualan keliling itu mantap Gan, Ni yg dibahas barang apa yg laku dijual di Pekanbaru. Kalo boleh usul barangnya/produk yang jarang ada baik barang ato pemainnya n barang tersebut di sukai/di butukkan banyak orang. Trus produk apa itu?

      Dari beberapa pengalaman reseller dari SimpleTas khususnya produk Tas Pesta/Clutch laku keras jika dijual di luar Jawa, misalnya di balikpapan, samarinda dll
      Agan bisa coba pasarin tas pesta murah di pekanbaru. dicoba aja beli dikit untuk contoh n coba di tawarkan ditoko tas ato end user juga gpp. nanti seperti apa responnya, kalo memang bagus silahkan dilanjut dengan pembelian partai sedang sampai partai besar supaya dapat harga murah. Adapun untuk barangnya ada di tokopedia.com/simpletas n kalo mau pembelian banyak n pake expedisi yg murah silahkan transaksi langsunga saja pada adminnya.

      Moga membantu n terima kasih

    • Bung Cahyo

      ditambah bidang yang disenangi

      jadi fokus pada bidang yg disenangi n dikuasai, dijamin tahan banting dan maju terus

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *